MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI TEMA 6 SUBTEMA 2 PANTUN DI KELAS V SD NEGERI 044839 BULAN JAHE TAHUN AJARAN 2021/2022

KETAREN, EDY ANTA, S.Pd (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI TEMA 6 SUBTEMA 2 PANTUN DI KELAS V SD NEGERI 044839 BULAN JAHE TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
1. SAMPULL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (263kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (193kB)
[img] Text
4. BAB II .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (385kB)
[img] Text
5. BAB III IV V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (272kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

EDY ANTA KETAREN, NPM: 1815010065 : "Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik menggunakan metode Demonstrasi Tema 6 Subtema 2 Pantun di kelas V SD Negeri 044839 Bulanjahe Tahun Pelajaran Tahun Pelajaran 2021/2022". Latar belakang dilakukan Penelitian ini karena adanya kesulitan yang dialami Peserta didik kelas V SD Negeri 044839 Bulanjahe dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dibuktikan dengan presentase belajar Peserta didik dikelas sebelumnya sebesar 52,3% Peserta didik yang tuntas. Penyebabnya adalah hanya menggunakan metode ceramah yang gampang dan mudah digunakan yang menjadikan peserta didik pasif saat pelajaran dilaksanakan akibat dari kebosanan penggunaan metode yang sama, peserta didik yang mulai jenuh dan mencari aktifitas lain seperti mulai berbicara dengan teman sebangkunya, menggangu temannya yang sedang belajar, ada yang membawa makanan ke kelas, ada peserta didik yang kurang termotivasi dan tidur didalam kelas. Solusi dari permasalahan ini adalah peneliti menawarkan menggunakan Metode Demonstrasi untuk diterapkan kepada Peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk Mengetahui Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran, 2) Untuk Mengetahui Bagaimana Ketuntasan Belajar Peserta didik, 3) Untuk Mengetahui Apakah Hasil Belajar Peserta didik Meningkat. Model dalam penelitian ini menggunakan model penelitian Suharsimi Arikunto yang terdiri dari 4 tahap, yaitu; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian ini adalah Peserta didik kelas V SD Negeri 044839 Bulanjahe tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah 21 Peserta didik, terdiri dari 8 Peserta didik laki-laki dan 13 Peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan, lembar observasi guru dan Peserta didik, dan tes esai sebanyak 5 soal. Hasil penelitian dijelaskan sebagai berikut: 1) hasil observasi kegiatan aktvitas guru pada siklus I mencapai presentase 65,6% (cukup), sedangkan pada siklus II aktvitas guru mencapai presentase 75,3% (baik). Aktvitas Peserta didik pada siklus I mencapai prosentase 68% (cukup), sedangkan pada siklus II mencapai presentase 88% (sangat baik), 2) hasil ketuntasan indvidual , ketuntasan secara klasikal dan nilai rata-rata pada siklus I dan II, untuk hasil ketuntasan indvidual pada siklus I 13, sedangkan di siklus II 18, untuk hasil ketuntasan secara klasikal pada siklus I mencapai 61,9%, sedangkan pada siklus II mecapai 85,7%, untuk hasil rata- rata pada siklus I mencapai 66,6, sedangkan pada siklus II mencapai 81,9. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka Metode Demonstrasi dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Adanya peningkatan kesiapan guru dan sekolah dalam memberikan metode lain dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran supaya Peserta didik tidak jenuh dan Peserta didik menjadi aktif dan lebih kreatif. Kata Kunci : Pembelajaran, Hasil Belajar, Metode Demonstrasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Learning, Learning Outcomes, Demonstration Method
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Edy Anta Ketaren
Date Deposited: 28 Jul 2022 07:40
Last Modified: 28 Jul 2022 07:40
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/237

Actions (login required)

View Item View Item