MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE LATIHAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 040446 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2021/2022

DEWINTA, BR BANGUN (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE LATIHAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 040446 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
1.sampul.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (231kB)
[img] Text
3.BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (276kB)
[img] Text
4.BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (485kB)
[img] Text
5. bab 3-5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (750kB)
[img] Text
6.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (130kB)
[img] Text
7. lampiran .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V dengan materi penjumlahan pecahan campuran. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan metode latihan pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040444 Kabanjahe. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 27 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan metode latihan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 040446 Kabanjahe pada Tahun Pelajaran 2021/2022 . Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus dengan yang waktu yang sama, yaitu 2x35 menit. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Dari hasil penelitian diperoleh data siklus I dan siklus II yaitu observasi aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 56,67% (cukup) sedangkan siklus II memperoleh 83,1% (baik). Observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh 57,78% (cukup) dan siklus II memperoleh nilai 89% (baik). Ketuntasan hasil belajar secara individu,pada siklus I diperoleh 15 siswa dengan persentase 55,6% yang telah mencapai ketuntasan belajar, dan 12 siswa dengan persentase 44,4% yang belum mencapai ketuntasan belajar, siklus II diperoleh 24 siswa dengan persentase 89% yang telah mencapai ketuntasan belajar, 3 siswa dengan persentase 11% yang belum mencapai ketuntasan belajar dan nilai rata-rata siklus I 65,3 dan nilai rata-rata siklus 81,3. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal, pada siklus I dan siklus II diperoleh 60% yang telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal, dan nilai arat-rata siklus I dan siklus II diperoleh 24. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode latihan berkategori baik dan hasil belajarnya meningkat pada mata pelajaran Matematika materi penjumlahan pecahan campuran di kelas V SD 040446 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2021/2022. Kata kunci : Hasil Belajar Matematika, Metode latihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mathematics Learning Outcomes, Practice Method.
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Dewinta Br Bangun
Date Deposited: 26 Jul 2022 08:43
Last Modified: 26 Jul 2022 08:43
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/220

Actions (login required)

View Item View Item