PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN BULAT DI KELAS VI SD NEGERI 040527 TIGAPANAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Meida Asih Br Simbolon, . (2022) PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN BULAT DI KELAS VI SD NEGERI 040527 TIGAPANAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (279kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (412kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (649kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (179kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

MEIDA ASIH BR SIMBOLON, NPM: 1815010073. “Penggunaan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat di Kelas VI SD Negeri 040527 Tigapanah Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Quality Berastagi, 2022 Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kooperarif Tipe Numbered Head Together yang dilaksanakan di SD Negeri 040527 Tigapanah. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas VI SD Negeri 040527 Tigapanah sebanyak 30 orang siswa, yang menjadi Objek penelitian ini adalah menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat di Kelas VI SD Negeri 040527 Tigapanah Tahun Pelajaran 2021/2022. Teknik analisis data adalah pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru dan pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa, serta Ketuntasan Hasil Belajar siswa yaitu pengujian ketuntasan individual, ketuntasan Klasikal, dan mencari nilai rata-rata dan alat pengumpulan data dengan observasi dan tes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar siswa dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat di Kelas VI SD Negeri 040527 Tigapanah Tahun Pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan persentase Siklus I ketuntasan secara klasikal sebesar 57% dan setelah dilaksanakan perbaikan pada Siklus II, maka diperoleh nilai persentase 87%. Sementara dalam pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru Siklus I memperoleh nilai 60,1% dengan kategori cukup menjadi kategori baik pada Siklus II dengan nilai perolehan 74%, sedangkan pada aktivitas siswa Siklus I memperoleh nilai 69 dengan kategori cukup menjadi kategori baik pada Siklus II dengan nilai 76. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran setelah menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat di Kelas VI SD Negeri 040527 Tigapanah Tahun Pelajaran 2021/2022 sudah berkategori baik, dan hasil belajar siswa meningkat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Numbered Head Together Type Cooperative Model, Mathematics
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 372 Elementary School
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Meida Asih Br Simbolon
Date Deposited: 26 Jul 2022 04:24
Last Modified: 26 Jul 2022 04:24
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/216

Actions (login required)

View Item View Item