ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN PECAHAN KELAS IV DI SD NEGERI 040446 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2021/2022

FANY GATESSA, . (2022) ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN PECAHAN KELAS IV DI SD NEGERI 040446 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
Sampul.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (921kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (101kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (189kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (358kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (553kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (170kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Fany Gatessa, NPM 1815010077. Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Bilangan Pecahan Kelas IV SD Negeri 040446 Kabanjahe Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Quality Berastagi. Dilakukannya penelitian ini karena terdapat masalah pada siswa kelas IV SD Negeri 040446 Kabanjahe dalam belajar matematika khususnya pada materi Bilangan Pecahan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa, faktor kesulitan belajar siswa, dan upaya mengatasi kesulitan belajar pada siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SD Negeri 040446 Kabanjahe. Sebagai sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Negeri 040446 Kabanjahe. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan adalah test, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data diperoleh; (1) terdapat 8 siswa yang kesulitan dalam pembelajaran matematika pada materi bilangan pecahan (2) kesulitan yang dialami siswa, yaitu kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita dengan bilangan pecahan, menetukan KPK dan penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan dan faktor anak didik, faktor sekolah, faktor keluarga, dan faktor lingkungan (3) upaya yang dapat dilakukan dalam mengatasi kesulitan belajar matematika materi pecahan berdasarkan kesulitan yang dialami dan faktor yang menyebabkan yaitu menjelaskan kembali materi yang belum dipahami siswa, berusaha mendekati siswa agar tidak takut bertanya, melakukan evaluasi selesai materi, dan mengadakan remedial bagi peserta didik yang nilainya di bawah KKM. Kata kunci: Kesulitan Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Difficulty in Learning Mathematics
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: FANY GATESSA -
Date Deposited: 26 Jul 2022 03:11
Last Modified: 26 Jul 2022 03:11
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/213

Actions (login required)

View Item View Item