MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 3 SUBTEMA 1 POKOK BAHASAN BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN BESERTA FUNGSINYA KELAS IV SD NEGERI 040538 DESA SAMPUN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

SUSANTI BR SINAGA, S.Pd (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 3 SUBTEMA 1 POKOK BAHASAN BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN BESERTA FUNGSINYA KELAS IV SD NEGERI 040538 DESA SAMPUN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL, BUKTI PENGESAHAN, DLL SANTI SINAGA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (980kB)
[img] Text
ABSTRAK SANTI SINAGA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (518kB)
[img] Text
BAB I SANTI SINAGA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (313kB)
[img] Text
BAB II SANTI SINAGA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (796kB)
[img] Text
BAB III-V SANTI SINAGA.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SANTI SINAGA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (181kB)
[img] Text
LAMPIRAN SANTI SINAGA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu kurang maksimal hasil belajar siswa khususnya Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 040538 Desa Sampun Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan Pokok Bahasan Bagian-Bagian Tumbuhan Beserta Fungsinya dengan Menggunakan Model Pembelajaran Mind MappingKelas IV SD Negeri 040538 Desa Sampun Tahun Pelajaran 2021/2022.Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri 040538Desa Sampun. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 040538 Desa Sampun yang berjumlah 20 orang siswa dan yang menjadi objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada Pokok Bahasan Bagian-Bagian Tumbuhan Beserta Fungsinyadengan Menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping.Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan tes Pilihan berganda. Hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran berdasarkan tes siklus II dengan perbaikan diperoleh pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu dengan persentase 75,4% dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa yaitu dengan skor 84, dari ketuntasan individu siswa yang tuntas belajarnya yaitu 17 orang siswa dari 20 siswa dan siswa yang tidak tuntas dalam belajar yaitu 3 orang siswa, sedangkan ketuntasan klasikal hasil perbaikan pada siklus II yaitu 85% dan nilai rata-rata siswa 83,5 Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan dua siklus maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkriteria baik, hasil belajar siswa tuntas secara klaksikal dan hasil belajar siswa meningkat dengan Menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping pada Mata Pelajaran IPA Pokok BahasanBagian-Bagian Tumbuhan Beserta Fungsinya Kelas IV SD Negeri 040538 Desa Sampun Tahun Pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes Using Science Subjects Model Mind Mapping
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Susanti Br Sinaga
Date Deposited: 28 Jul 2022 03:04
Last Modified: 28 Jul 2022 03:04
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/205

Actions (login required)

View Item View Item