UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN DI SMP NEGERI 1 MEREK KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Vitri Dearni Br Haloho, . (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN DI SMP NEGERI 1 MEREK KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (233kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (202kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (252kB)
[img] Text
BAB III - BAB V .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (112kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Vitri Dearni Br Haloho, NPM : 1605030186 Fakultas Keguruaan dan Ilmu Pendidikan Universitas Quality Berastagi: “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Bermain Di Smp Negeri 1 Merek Kelas VII Tahun Pelajaran 2020/2021”. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan Model pembelajaran bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran siswa dengan menggunakan model pembelajaran bermain di kelas kelas VIII SMP Negeri 1 Merek Tahun PPelajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 1 Merek yang berjumlah 40 orang siswa. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah Lembar Observasi dan Tes. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Berdasarkan analisa penelitian siklus I diperoleh hasil deskripsi aktivitas guru mencapai 60,33 % dan hasil deskripsi aktivitas siswa mencapai 68,89 dengan ketuntasan hasil belajar individu sebanyak 28 siswa yang tuntas belajar dan 12 siswa tidak tuntas belajar dari 40 orang siswa, persentase ketuntasan hasil belajar klasikal mencapai 70 % yang tuntas dan 30 % yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 69. Sedangkan pada siklus II diperoleh hasil deskripsi aktivitas guru mencapai 70,89 % dan hasil deskripsi aktivitas siswa mencapai 88,89 dengan ketuntasan hasil belajar individu sebanyak 35 siswa yang tuntas dan 5 siswa tidak tuntas dari 40 siswa, persentase ketuntasan hasil belajar klasikal mencapai 87,5 % yang tuntas dan 12,5 %tidak tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 78,25. Dari penelitian siklus I dan siklus II diperoleh hasil deskripsi kegiatan observasi aktivitas siswa bekategori baik, ketuntasan hasil belajar siswa tuntas secara individu dan klasikal, perolehan nilai rata-rata siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Passing Down, Play Learning Model
Subjects: 700 The Art, Fine and Sport
700 The Art, Fine and Sport > 790 Recreational and Performing Arts
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Olahraga
Depositing User: Vitri Dearni Sihalohi
Date Deposited: 14 Feb 2022 09:36
Last Modified: 14 Feb 2022 09:36
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/189

Actions (login required)

View Item View Item