HUBUNGAN GAYA BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 040508 SARINEMBAH TAHUN AJARAN 2020/2021

JULI SETIA SEMBIRING, . (2021) HUBUNGAN GAYA BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 040508 SARINEMBAH TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
1. SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (285kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (297kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (319kB)
[img] Text
5. BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (145kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Juli Setia Sembiring, NPM: 1715010024 “Hubungan Gaya Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 040508 Sarinembah Tahun Ajaran 2020/2021” Program Studi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Quality Berastagi. Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa SD Negeri 040508 Sarinembah berada dibawah standar ketuntasan minimal belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Gaya Belajar siswa dalam pembelajaran IPA Kelas IV di SDN 040508 Sarinembah Tahun Ajaran 2020/2021, gambaran hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN 040508 Sarinembah Tahun Ajaran 2020/2021, dan hubungan yang signifikan antara Gaya Belajar siswa dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 040508 Sarinembah Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Korelasi. Teknik instrumen data yang digunakan adalah Angket, Wawancara dan Dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 040508 Sarinembah . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 040508 Sarinembah yang berjumlah 30 siswa dan sekaligus menjadi sampel penelitian. Instrumen yang digunakan adalah angket gaya belajar dan wawancara, teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas data, uji homogenitas,uji regresi, uji hipotesis, uji determinasi, uji t. Berdasarkan hasil analisis Gaya Belajar siswa dalam pembelajaran IPA Kelas IV di SDN 040508 Sarinembah Tahun Ajaran 2020/2021 dengan rerata 68,79 termasuk dalam kategori cukup, Gaya Belajar visual yaitu 69,21 atau berkategori cukup, Gaya Belajar auditory yaitu 68,63 atau berkategori cukup , Gaya Belajar kinestetik yaitu 68,17 atau berkategori cukup. Gambaran hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN 1040508 Sarinembah Tahun Ajaran 2020/2021, dengan rata-rata 75,74 termasuk dalam kategori cukup. Adanya hubungan yang signifikan antara Gaya Belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 040508 Sarinembah memiliki koefisien korelasi r = 0,761 termasuk dalam tingkatan tinggi. Kata Kunci : Gaya Belajar, Hasil Belajar IPA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Style, Science Learning Outcomes
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations
300 Social Science > 370 Education
Depositing User: Juli Setia Sembiring
Date Deposited: 21 Jul 2021 09:09
Last Modified: 21 Jul 2021 09:09
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/146

Actions (login required)

View Item View Item