PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI KALOR KELAS V SDN 040444 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2023/2024

Atania Rosbina Br Depari, . (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI KALOR KELAS V SDN 040444 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (833kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (544kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (492kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (394kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Atania Rosbina Br Depari, NPM: 2015010091. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Kalor Kelas V SDN 040444 Kabanjahe Tahun Ajaran 2023/2024. Hasil observasi di Kelas V SDN 040444 Kabanjahe diperoleh informasi bahwa proses pembelajaran IPA kurang mengembangkan kemampuan pemecahan masalah dan kurang bisa meningkatkan sikap ilmiah siswa. Berdasarkan informasi tersebut, maka diperlukan adanya model pembelajaran yang dapat menumbuhkan kemampuan pemecahan masalah. Salah satu model yang dapat digunakan yaitu Problem Based Learning. Penelitian ini dilakukan di Kelas V SDN 040444 Kabanjahe bertujuan untuk mengetahui pengaruh Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah materi kalor kelas V. Desain penelitian ini adalah quasi-experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V.A (kelas Kontrol) dan V.B (kelas Eksperimen) diambil dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode tes. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata – rata pretes kelas eksperimen 47 dengan standar deviasi 20,79 dan pada kelas kontrol sebesar 30 dengan standar deviasi 10,21. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas, data nilai pretes dari kelas eksperimen dan kontrol dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Melalui pengujian statistik diperoleh hasil yang signifikan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah setara. Kemudian diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dengan model problem based learning sedangkan kelas kontrol diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai, diberikan postes dan diperoleh nilai rata –rata kelas eksperimen 98 dengan standar deviasi 6,15, dan kelas kontrol 58,33 dengan standar deviasi 20,35. Melalui pengujian statistik menggunakan uji-t satu pihak dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah materi kalor kelas V SDN 040444 Kabanjahe Tahun Ajaran 2023/2024

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Based Leaning Problem Model, Heat Material Problem Solving Abili
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Atania Rosbina Br Depari
Date Deposited: 29 Jun 2024 03:44
Last Modified: 29 Jun 2024 03:44
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1369

Actions (login required)

View Item View Item