MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI MASYARAKAT DI KELAS IV SD SWASTA BERASTAGI TAHUN 2022/2023

DICKY BOY, SURBAKTI (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI MASYARAKAT DI KELAS IV SD SWASTA BERASTAGI TAHUN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
Sampul.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (313kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (404kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (123kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran ips pokok bahasan perkembangan teknologi di masyarakat di kelas IV SD Swasta Berastagi Tahun Pelajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Swasta Berastagi yang berjumlah 35 orang siswa dan objek dalam penelitian ini adalah peningkatan pembelajaran dengan menggunakan media gambar pada materi perkembangan teknologi di masyarakat di kelas IV SD Swasta Berastagi tahun pelajaran 2022/2023. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil pelaksanaan pembelajaran pada siklus I diperoleh hasil observasi aktivitas guru 60,56% atau dikategorikan cukup, hasil observasi aktivitas siswa 62,22 atau dikategorikan cukup, hasil belajar secara individu dari 35 orang siswa yang tuntas 19 orang dan yang tidak tuntas 16 orang, secara klasikal 60% yang tuntas dan 40% yang tidak tuntas, maka rata-rata yang diperoleh pada siklus ini 61 atau dikategorikan cukup atau belum memenuhi KKM. Sedangkan pada siklus II diperoleh hasil pelaksanaan aktivitas guru sebesar 79,44% atau dikategorikan baik, hasil pelaksanaan aktivitas siswa sebesar 80, hasil belajar secara individu dari 35 orang siswa terdapat 30 orang yang tuntas dan 5 orang yang tidak tuntas, secara klasikal 80% yang tuntas dan 20% yang tidak tuntas, maka rata-rata yang diperoleh pada siklus ini sebesar 81 atau dikategorikan baik sehingga hasil belajar secara klasikal sudah tuntas dan telah memenuhi KKM yang telah ditetapkan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dikategorikan baik dan hasil belajar meningkat dengan menggunakan media gambar pada materi perkembangan teknologi di masyarakat di kelas IV SD Swasta Berastagi tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Improving student learning outcomes
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Dicky Boy Surbakti
Date Deposited: 21 Jun 2024 04:03
Last Modified: 21 Jun 2024 04:03
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1343

Actions (login required)

View Item View Item