MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI O4O464 KANDIBATA TAHUN AJARAN 2022/2023

ARIF WINARNO, . (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI O4O464 KANDIBATA TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL_watermark.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK_watermark.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (291kB)
[img] Text
BAB I_watermark.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (630kB)
[img] Text
BAB II_watermark.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB III- BAB V_watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_watermark.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (197kB)
[img] Text
LAMPIRAN _watermark.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

ARIF WINARNO, NPM: 1915010014, "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Kooperatif Make a Match dalam Pembelajaran IPA Kelas IV di SD Negeri 040464 Kandibata T.A 2022/2023". Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan. Universitas Berkualitas Berastagi, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Make a Match. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah: Adakah peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Make a Match pada Pembelajaran IPA Materi Manfaat Energi Kelas IV di SD Negeri 040464 Kandibata T.A 2022/2023. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Koperatif Tipe Make a Match. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan Siklus I dan Siklus II. Penelitian ini akan dilaksanakan pada tanggal 6 Maret – 6 April 2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 040464 Kandibata. Sampel dalam penelitian ini adalah 25 siswa kelas IV. Kemudian data dianalisis menggunakan Siklus I dan Siklus II untuk melihat apakah ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan Model Kooperatif Tipe Make a Match terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat diperoleh dengan menghitung hasil dengan skor Siklus I diperoleh nilai rata- rata siswa = 68% sedangkan skor Siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa = 80 %. Terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa sebesar 12 %. Pada hasil ketuntasan siswa klasikal pada Siklus I memperoleh skor 64 % sedangkan hasil ketuntasan siswa klasikal pada Siklus II memperoleh skor 87%. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 23%. Artinya hipotesis tindakan ini memiliki efektivitas dalam menyediakan Model Pembelajaran Tipe Make a Match dalam Pembelajaran di Kelas IV SD Negeri 040464 Kandibata T.A 2022/2023". Kata kunci : Model kooperatif tipe Make a Match , meningkatkan hasil belajar siswa. ARIF WINARNO, NPM: 1915010014, "Efforts to Improve Student Learning Outcomes Using the Make a Match Type Cooperative Model in Class IV Science Learning at SD Negeri 040464 Kandibata T.A 2022/2023". Thesis. Elementary School Teacher Education Study Program. Faculty of Teacher Training in Education. Quality University Berastagi, 2023. This study aims to determine Student Learning Outcomes Using the Make a Match Type Cooperative Model. The formulation of the problem in this study is: Is there an increase in Student Learning Outcomes by using the Make a Match Type Cooperative Model in Class IV Science Learning at SD Negeri 040464 Kandibata T.A 2022/2023. The model used in this study is the Make a Match Type Cooperative Model. This type of research is Classroom Action Research with Cycle I and Cycle II. This research will be conducted on March 6 – April 6, 2023. The population in this study was all students of SD Negeri 040464 Kandibata. The sample in this study was 25 grade IV students. Then the data were analyzed using Cycle I and Cycle II to see if there was a significant effect of using the Make a Match Type Cooperative Model on improving student learning outcomes. This can be obtained by calculating the results with the Cycle I score obtained the average score of students = 68 % while the Cycle II score obtained the average score of students = 80 %. There was an increase in the average score of students by 12 %. In the completeness results of classical students in Cycle I obtained a score of 64 % while the completeness results of classical students in Cycle II obtained a score of 87 %. There was an increase in student learning outcomes by 23 %. This means that this action hypothesis has effectiveness in providing a Make a Match Type Learning Model in Learning in Class IV SD Negeri 040464 Kandibata T.A 2022/2023". Keywords : Make a Match type cooperative model, improving student learning outcomes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes Using Science Subjects Demonstration
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Arif - Winarno
Date Deposited: 21 Jun 2024 03:16
Last Modified: 21 Jun 2024 03:16
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1339

Actions (login required)

View Item View Item