ANALISIS USIBILITY APLIKASI POSPAY PADA MASYARAKAT BERASTAGI MENGGUNAKAN METODE USABILITY TESTING PT.POS INDONESIA (PERSERO) KANTOR POS BERASTAGI

KARO, IKA BELLA (2024) ANALISIS USIBILITY APLIKASI POSPAY PADA MASYARAKAT BERASTAGI MENGGUNAKAN METODE USABILITY TESTING PT.POS INDONESIA (PERSERO) KANTOR POS BERASTAGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
File Pertama Sampul.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
File Kedua Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15kB)
[img] Text
File Ketiga BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (208kB)
[img] Text
File Keempat Bab II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (460kB)
[img] Text
File Kelima Bab III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
File Keenam Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (244kB)
[img] Text
File Ketujuh Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kepuasan pengguna menentukan keberhasilan suatu sistem dengan harapan mereka terhadap sistem tersebut. Adapun permasalahn dalam penelitian ini adalah aplikasi Pospay perlu di evaluasi secara detail karena untuk mengukur kemudahan penggunaan aplikasi bagi user atau pemakai dari segi kemudahan dipelajari, digunakan, kepuasan dan tingkat efisiensi, hal ini berguna untuk kelangsungan dan pengembangan kedepan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat masalah terhadap penggunaan aplikasi Pospay dan mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap aplikasi tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan melakukan pengujian secara langsung pada pengguna aplikasi Pospay dengan menggunakan atribut untuk menilai seberapa mudah interface aplikasi yang digunakan, dengan menggunakan metode Usability Testing, dengan menggunakan 5 (lima) komponen yang sangat penting yaitu learnability, Eficiency, Memorability, Error dan Satisfaction yang kemudian disusun menjadi lembar kuisoner yang nanti diisi oleh partisipan, sehingga diperoleh nilai persentase dari masing-masing komponen dan diperoleh nilai akhir Usability dari aplikasi Pospay., Hasil Penelitian ini adalah variabel learnability dengan nilai 81.60% Variabe eficiency dengan bobot 80.00%, variabel memoriability dengan nilai 80.50% dan variabel error dengan nilai 40.00% dan variabel satisfaction dengan nilai 84.00%. Dan hasil akhir pencapaian aplikasi pospay dengan total 73,22 % . Kesimpulan Penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Usability Testing kemudahan penggunaan aplikasi aplikasi Pospay bagi user atau pemakai dari segi kemudahan dipelajari, digunakan, kepuasan dan tingkat efisiensi sudah sangat baik. Saran penulis untuk kantor Pos Berastagi untuk melkukan sosialisai Aplikasi Pospay secara meluas kepada masyarakat berastagi dan sekitarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Application, User, Usability, Usability Testing
Subjects: 000 Generalities > 070 Journalism, News Media, Publishing
Divisions: Fakultas Sosial dan Hukum > Program Studi Manajemen
Depositing User: Ika Bella Br Karo
Date Deposited: 20 Jun 2024 09:20
Last Modified: 20 Jun 2024 09:20
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1326

Actions (login required)

View Item View Item