PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD SWASTA LETJEN JAMIN GINTING BERASTAGI TAHUN AJARAN 2023/2024

ANGGUN CRASE LINDA BR AMBARITA, ANGGUN CRASE (2024) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD SWASTA LETJEN JAMIN GINTING BERASTAGI TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL ANGGUN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
abstrak anggun.pdf

Download (167kB)
[img] Text
bab 1 anggun.pdf

Download (244kB)
[img] Text
bab 2 anggun.pdf

Download (339kB)
[img] Text
bab 3-5 anggun.pdf
Restricted to Registered users only

Download (844kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ANGGUN.pdf

Download (103kB)
[img] Text
LAMPIRAN ANGGUN.pdf

Download (2MB)

Abstract

PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD SWASTA LETJEN JAMIN GINTING BERASTAGI TAHUN AJARAN 2023/2024 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dilakukan (1); untuk mengetahui gambaran lingkungan sekolah SD Swasta Letjen Jamin Ginting Berastagi Tahun Pelajaran 2023/2024 (2); untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V (3); untuk mengetahui gambaran hasil belajar Matematika siswa kelas V (4). Masalah yang dialami di sekolah tersebut yaitu hasil belajar pada mata pelajaran Matematika. Sampel siswa kelas V sebanyak 20 kelas eksperimen dan 20 kelas kontrol. Jenis penelitian ini Quasi Eksperimen dengan instrumen penelitian berupa tes pilihan berganda dan essai total sebanyak 10 soal. Untuk menguji validitas soal tes digunakan rumus product moment dengan taraf signifikan 5% dengan n = 20, jika ditentukan pada tingkat taraf siginifikan sebesar 5% (α = 0,05) maka akan diperoleh rtabel = 0,444, dimana kriteria pengujian jika rhitung>rtabel berarti dapat dikatakan valid, atau jika rhitung<rtabel berarti soal tes tidak valid. Hasil uji normalitas data awal memperoleh nilai sig, 031 pada kelas eksperimen dan sig, 015 pada kelas kontrol. Hasil uji normalitas data akhir memperoleh nilai sig, 031 pada kelas eksperimen dan sig, 003 kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa disiplin belajar terdapat hubungan signifikan dengan hasil belajar siswa pada kelas V SD Swasta Letjen Jamin Ginting Berastagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Discipline, Student Learning Results in Mathematics.
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Anggun Crase Linda Br Ambarita
Date Deposited: 20 Jun 2024 10:20
Last Modified: 20 Jun 2024 10:20
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1318

Actions (login required)

View Item View Item