PENGARUH MODEL INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SISWA PKN KELAS V SDN 040455 BERASTAGI T.A. 2023/2024

Ginting, Riska Puspita (2024) PENGARUH MODEL INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SISWA PKN KELAS V SDN 040455 BERASTAGI T.A. 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
Sampul.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (486kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (706kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

RISKA PUSPITA BR GINTING, NPM : 2015010080. “Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas V SDN 040455 Berastagi T.A. 2023/2024” Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) kelas V di SDN 040455 Berastagi. Model Inside Outside Circle merupakan salah satu strategi pembelajaran aktif yang melibatkan siswa dalam kegiatan diskusi kelompok dan interaksi antar siswa secara bergantian. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model Inside Outside Circle dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar dan observasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model Inside Outside Circle dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian, model pembelajaran Inside Outside Circle terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas V SDN 040455 Berastagi. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih interaktif dan efektif di tingkat sekolah dasar. Kata kunci: Inside Outside Circle, hasil belajar, Pendidikan Kewarganegaraan, pembelajaran aktif, sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Inside Outside Circle, learning outcomes, Citizenship Education, active learning, elementary school
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Riska Puspita P Br Ginting
Date Deposited: 20 Jun 2024 09:03
Last Modified: 20 Jun 2024 09:03
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1289

Actions (login required)

View Item View Item