MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SD NEGERI 044824 RUMAH KABANJAHE TAHUN AJARAN 2020/2021

DEMA FEBRINA SEMBIRING, . (2021) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SD NEGERI 044824 RUMAH KABANJAHE TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (279kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (389kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (681kB)
[img] Text
BAB III - BAB V .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (928kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (100kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

DEMA FEBRINA SEMBIRING. NPM: 1715010067. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe Tahun Ajaran 2020/2021". Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Quality Berastagi. Masalah penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar IPA siswa yang belum maksimal secara klasikal ≥ 85%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peningkatan pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Demonstrasi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas III yang berjumlah 13 orang. Sedangkan objek penelitian adalah Metode Demonstrasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Materi Gerak Benda kelas III SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe Tahun Ajaran 2020/2021. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar secara individu, ketuntasan secara klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data, pelaksanaan pembelajaran dengan Metode Demonstrasi pada Materi Gerak Benda di Kelas III berjalan dengan baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 64,6 dan tingkat penguasaan siswa secara klasikal 61,5% dari 13 orang siswa terdapat 8 orang yang memperoleh nilai ≥ 70 atau tuntas belajar dan 5 orang siswa yang tidak tuntas belajar. Setelah perbaikan pembelajaran pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 76,9 dari 13 terdapat 12 siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 atau tuntas belajar dan 1 orang siswa yang tidak tuntas. Berdasarkan temuan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan Metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA dengan Materi Gerak Benda pada siswa Kelas III SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe Tahun Ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Demonstrative Method, Science Subject.
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 305 Social Groups
300 Social Science > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Dema Febrina Sembiring
Date Deposited: 19 Jul 2021 08:05
Last Modified: 19 Jul 2021 08:05
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/126

Actions (login required)

View Item View Item