CLOUDIA SEMBIRING, . (2024) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR KELAS V SD SWASTA TRINITY BERASTAGI T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (756kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (406kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (418kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (359kB) |
![]() |
Text
BAB III - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (911kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (322kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (840kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran lingkungan sekolah siswa di sekolah dasar kelas V SD Swasta Trinity Berastagi T.P 2023/2024, mengetahui bagaimana gambaran pembentukan karakter siswa di sekolah dasar kelas V SD Swasta Trinity Berastagi T.P 2023/2024 dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter siswa di sekolah dasar kelas V SD Swasta Trinity Berastagi T.P 2023/2024. Instrumen atau alat pengumpul data adalah non tes, dalam penelitian ini berbentuk angket. “Kuesioner (angket) adalah sejumlah pertanyaan atau pernyataan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden dalam arti laporan tentang pribadinya, atau hal-hal lain yang mereka ketahui. Angket ini digunakan untuk menggali data variabel X (lingkungan keluarga) dan variabel Y (karakter anak)”. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : 1) Gambaran lingkungan sekolah di kelas V SD Swasta Trinity Berastagi T.P 2023/2024, dengan rata-rata sebesar 84 berdasarkan hasil perhitungan angket siswa maka dikategorikan penilaiannya termasuk kedalam kategori baik. 2) Gambaran pembentukan karakter siswa di kelas V SD Swasta Trinity Berastagi T.P 2023/2024, dengan rata-rata sebesar 87 berdasarkan hasil perhitungan angket siswa maka dikategorikan penilaiannya termasuk kedalam kategori baik. 3) Berdasarkan hasil hipotesis didapatkan nilai thitung > dari ttabel (3.831 > 2.073) yang menunjukkan menunjukkan bahwa nilai signifikansi pengaruh lingkungan sekolah (X) terhadap pembentukan karakter siswa (Y) adalah 0.618 > dari pada 0,05 dan nilai thitung 3.831 > pada 2.073 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter siswa secara signifikan di SD Swasta Trinity Berastagi T.P 2023/2024
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | School Environment, Character Formation |
Subjects: | 000 Generalities |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | Cloudia - Sembiring |
Date Deposited: | 18 Jun 2024 04:44 |
Last Modified: | 18 Jun 2024 04:44 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1226 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |