PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 040459 BERASTAGI T.P 2023/2024

LOVIANA BR GINTING, . (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 040459 BERASTAGI T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (621kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (233kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (160kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (437kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (245kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

LOVIANA BR GINTING NPM :2015010133 “ PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 040459 BERASTAGI T.P 2023/2024” Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan Model RME dan kelas kontrol yang menerapkan model konvensional. Masing-masing kelas terdiri dari 27 siswa yang diajrkan model pembelajaran Model Ralistic Mathematic Education dan 25 siswa model konvensional . Data dikumpulkan melalui tes dan observasi terhadap minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model RME memiliki pengaruh positif terhadap minat belajar siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dengan menggunakan model RME untuk mengetahui minat belajar siswa di kelas eksperimen dari persepsi 27 siswa adalah 271/540 x 100 =87.22% sedangkan pada kelas kontrol menurut persepsi 25 siswa 398/500 x 100 = 29.6% Analisa data menggunakan uji t dengan taraf siginifikansi 0.05 Karena nilai t yang dihitung (9.86) jauh lebih besar dari nilai kritis t (1.676), kita dapat menyimpulkan bahwa perbedaan antara hasil post-test dari kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah signifikan secara statistik pada tingkat signifikansi α=0.05. Berdasarkan nilai t yang dihitung (t≈9.86) yang jauh lebih besar dari nilai kritis t (tkritis≈1.676), / menolak hipotesis nol. Artinya, ada bukti statistik yang cukup untuk menyatakan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulannya, Model Pembelajaran RME dapat meningkatkan minat belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 040459 Berastagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Learning Interest, Realistic Mathematic Education Model
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Loviana - Br Ginting
Date Deposited: 18 Jun 2024 04:45
Last Modified: 18 Jun 2024 04:45
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1225

Actions (login required)

View Item View Item