PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PECAHAN KELAS V SD NEGERI 040470 LINGGAJULU T.P 2023/2024

VIORELA BR GINTING, . (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PECAHAN KELAS V SD NEGERI 040470 LINGGAJULU T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (626kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (209kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (336kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (524kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (640kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (209kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (932kB)

Abstract

VIORELA BR GINTING, NPM: 2015010105. "Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Pecahan Kelas V SD Negeri 040470 Linggajulu ". Penelitian di Sd Negeri 040470 Linggajulu dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan Model Contextual Teaching And Leraning (CTL) pada mata pelajaran Matematika terhadap hasil belajar siswa kelas V di Sd Negeri 040470 Linggajulu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen dan pretest and posttest . Sampel dalam penelitian ini adalah 44 siswa yang terdiri dari kelas IV-A 22 siswa dan IV-B 22siswa. Test yang digunakan dalam penelitian ini yaitu test berbentuk pilihan berganda.Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas data, uji homogenitas, dan uji hipotesis antara dua faktor. Hasil belajar siswa yang rendah disebabkan karena siswa bersifat pasif dalam proses pembelajaran, guru masih menggunakan model dan media tanpa variasi sehingga timbul kebosanan pada diri siswa, siswa tidak bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran, belum maksimalnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika karena rendahnya perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran, dan media pembelajaran yang digunakan dalam penyampaian materi bersifat monoton mengakibatkan siswa kurang termotivasi untuk belajar. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis antara dua faktor untuk data kelas IV-A yang diajar dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) mendapat rata-rata nilai 76,36 dan kelas IV-B yang diajar tanpa menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) mendapat rata-rata 63,18. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan di kelas V Sd Negeri 040470 Linggajulu Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL) Learning Model, Mathematics Learning Outcomes
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Viorela - Br Ginting
Date Deposited: 20 Jun 2024 08:52
Last Modified: 20 Jun 2024 08:52
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1216

Actions (login required)

View Item View Item