HUBUNGAN PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V SD NEGERI 040454 PECEREN TAHUN AJARAN 2023/2024

Pritti Br Ginting, . (2024) HUBUNGAN PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V SD NEGERI 040454 PECEREN TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (566kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (208kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (429kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (528kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (554kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (436kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (787kB)

Abstract

Penelituan ini menggunakan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui Hubungan Pendidikan Berbasis Karakter dengan Hasil belajar PKn Siswa SD Negeri 040454 Peceren .Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Sampel yang diselidiki adalah siswa kelas dengan jumlah siswa 23 orang dengan menggunakan metode pengambilan sampel purposive sampling. Penelitian korelasional melibatkan dua atau lebih variabel. Penelitian ini terdiri dari variable bebas dan variabel terikat. Variabel bebas adalah variabel yang diduga memiliki pengaruh terhadap variabel terikat ). Korelasi diukur untuk melihat apakah perubahan dalam variabel X berkaitan dengan perubahan dalam variabel Y.Variabel yang diukur adalah pendidikan berbasis karakter dengan hasil belajar. Untuk variabel pendidikan berbasis karakter diukur dengan menggunakan angket uyang disebarkan pada ke 23 orang siswa yang terpilih sebagai responden penelitian. Sedangkan variabel hasil belajar didapat dari nilai/hasil ulangan dari siswa tersebut. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa pendidikan berbasis karakter siswa kelas V SD Negeri 040454 Peceren secara kuantitatif dikategorikan baik dengan skor rata-rata 80,3 dan hasil belajar PKn secara kuantitatif dikategorikan baik dengan skor rata-rata 79,5. Analisis korelasi sederhana digunakan dalam menguji hubungan antara pendidikan berbasis karakter dengan hasil belajar PKn siswa SD Negeri 040454 Peceren. Hasil penelitian dengan menggunakan 23 responden tersebut menunjukkan hasil sebagai berikut: diperoleh nilai rhitung (koefisien korelasi) sebesar 0, 668. Sedangkan rtabel diperoleh sebesar 0,413. Hal ini membuktikan bahwa nilai analisis data atau rhitung lebih tinggi atau lebih besar dari pada nilai rtabel.Berdasarkan uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa pendidikan berbasis karakter mempunyai hubungan dengan hasil belajar PKn siswa SD Negeri 040454 Peceren

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: character-based education, learning outcomes
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Pritti Br Ginting
Date Deposited: 19 Jun 2024 08:18
Last Modified: 19 Jun 2024 08:18
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1215

Actions (login required)

View Item View Item