PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 044824 RUMAH KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2020/2021

MARKUS FEBRANTA BARUS, . (2021) PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 044824 RUMAH KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (342kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (198kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (843kB)
[img] Text
BAB III - BAB V .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (741kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (192kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

MARKUS FEBRANTA BARUS . NPM: 1715010041. “Penggunaan Media Audiovisual Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe Tahun Pelajaran 2020/2021”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Quality Berastagi. Masalah penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar IPS siswa yang belum maksimal secara klasikal ≥ 85%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peningkatan pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Media Audiovisual . Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 044824 Rumah kabanjahe, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 12 orang. Sedangkan objek penelitian adalah Media Audiovisual terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Materi Kenampakan Alam dan Buatan di Indonesia kalas V SD Negeri 044824 Rumah kabanjahe Tahun Ajaran 2020/2021. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar secara individu, ketuntasan secara klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data, pelaksanaan pembelajaran dengan Media Audiovisual. pada Materi Kenampakan Alam dan Buatan di Indonesia di Kelas V berjalan dengan baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 68,71 dan tingkat penguasaan siswa secara klasikal 70% dari 12 orang siswa terdapat 7 orang yang memperoleh nilai ≥ 70 atau tuntas belajar dan 5 orang siswa yang tidak tuntas belajar. Setelah perbaikan pembelajaran pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 79 dari 12 terdapat 11 siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 atau tuntas belajar dan 1 orang siswa yang tidak tuntas. Berdasarkan temuan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penggunan Media Audiovisual dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar IPS Materi Kenampakan Alam dan Buatan di Indonesia kalas V SD Negeri 044824 Rumah kabanjahe Tahun Ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Audiovisual Media, IPS Subjects
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 306 Culture and Institutions
300 Social Science > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Markus Febranta Barus
Date Deposited: 19 Jul 2021 07:59
Last Modified: 19 Jul 2021 07:59
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/119

Actions (login required)

View Item View Item