PENGARUH METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 040446 KABANJAHE

Manjorang, Ida Novita (2024) PENGARUH METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 040446 KABANJAHE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
Sampul.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (398kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (716kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Ida Novita Br Manjorang, NPM :2015010072.Pengaruh Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 040446 Kabanjahe Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode diskusi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA SD Negeri 040446 Kabanjahe dengan menggunakan metode diskusi .Dan penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang di mana menggunakan dua kelas yaitu IV A sebagai kelas kontrol dan IVB sebagai kelas eksperimen Pembelajaran di kelas seringkali membuat siswa merasa bosan karena guru hanya mengajar dalam satu arah oleh karena itu diperlukan strategi pembelajaran agar proses pembelajaran di kelas dapat berhasil dan seringkali terjadi karena saat guru mengajar dengan satu arah tidak heran juga jika siswa sering merasa ngantuk ketika guru menjelaskan siswa kebanyakan ngantuk dan terkadang lebih sering bicara sendiri kepada temannya. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah penggunaan metode diskusi berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 040446 Kabanjahe Yang dimana juga peneliti menggunakan Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen untuk membuktikan seberapa jauh pengaruh metode diskusi ini dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 29 orang dan kelas IV B sebagai kelas ekperimen yang di mana jumlah siswanya 26 orang Untuk memperoleh data tentang prestasi belajar peserta didik dengan mengambil dua macam data yaitu data pretes dan data postes. Dalam penelitian ini ada dua langkah analisis yang dilakukan yaitu data soal tes dengan melakukan uji persyaratan (uji homogenitas dan uji normalitas) dan uji t. Menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan metode diskusi berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar Negeri 040446 Kabanjahe. Kata Kunci:Metode Diskusi,Hasil Belajar IPA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Discussion Method, Science Learning Outcomes
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Ida Novita Br Manjorang
Date Deposited: 15 Jun 2024 05:17
Last Modified: 15 Jun 2024 05:17
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1183

Actions (login required)

View Item View Item