PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN 040446 KABANJAHE

Girsang, Claudia Mei Charoline Girsang (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN 040446 KABANJAHE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (501kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (204kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

CLAUDIA MEI CHAROLINE TARIGAN ,NPM : 2015010150 “pengaruh model pembelajaran ctl (contextual teaching and learning) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ipa kelas iv di sdn 040446 kabanjahe” Berpikir kritis yaitu kegiatan yang dilakukan seseorang apabila mereka di hadapkan dengan sebuah masalah atau bisa juga dengan situasi yang harus di pecahkan . Pada kondisi di dalam kelas kemampuan berpikir kritis ini kebanyakan guru menutup peluang untuk siswa berpikir ataupun memancing siswa untuk lebih kreatif dan kritis pada siswanya. Kebanyakan , siswa tidak mengerti dengan materi yang telah di pelajari karena mereka hanya sekedar menerima materi dari guru terkadang pada proses pembelajarannya guru tidak menjelaskan manfaat ataupun tujuan pembelajaran yang akan di sampaikan kepada siswa maupun penyampaian materi yang guru sampaikan kurang tepat. Terkadang ada sebagian siswa yang kurang fokus disaat di mulai pembelajaran yang menyebabkan siswa tidak mampu berpikir secara kreatif dan kritis.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ctl (contextual teaching and learning) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ipa kelas iv di sdn 040446 kabanjahe. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan melibatkan pre-test dan post-test.Sampel dalam penelitian ini adalah 55 siswa yang terdiri dari kelas iv-a sebanyak 29 siswa dan kelas Iv-b sebanyak 26 siswa .Dalam peneitian ini ada dua langkah analisis yang dilakukan yaitu data soal tes Dengan melakukan uji prasyaratan (uji homogenitas dan uji normalitas )dan uji t. Menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran ctl (contextual teaching and learning) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ipa kelas iv di sdn 040446 kabanjahe Kata kunci : Model Pembelajaran CTL (contextual teaching and Learning), kemampuan berpikir kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CTL (contextual teaching and learning) learning model, critical thinking skills
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Claudia Mei Charoline Tarigan
Date Deposited: 15 Jun 2024 05:19
Last Modified: 15 Jun 2024 05:19
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1182

Actions (login required)

View Item View Item