MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SD TAHFIZH QUR’AN KARIMAH BERASTAGI TAHUN AJARAN 2023/2024

WINA DUWI LARA, . (2024) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SD TAHFIZH QUR’AN KARIMAH BERASTAGI TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (661kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (228kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (256kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (334kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (37kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

WINA DUWI LARA, NPM 2015010134 “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Puzzle Pada Mata Pelajaran PKN Kelas IV SD Tahfizh Qura’an Karimah Berastagi Tahun Ajaran 2013/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk melaksanakan pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, megetahui motivasi belajar siswa dan meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran Puzzle pada mata pelajaran PKN kelas IV SD Tahfizh Qur‟an Karimah Berastagi Tahun Pelajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Tahfizh Qur‟an Karimah Berastagi yang berjumlah 25 orang dan penggunaan model pembelajaran Puzzle pada mata pelajaran PKN . Alat pengumpul data yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan angket. Berdasarkan hasil perbaikan pelaksanaan pembelajaran pada siklus II, diperoleh pelaksanaan aktivitas guru 81,5% yang berkriteria baik dan hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa 84,4 yang berkriteria baik. Dimana hasil ketuntasan belajar yang diperoleh siswa dari 25 siswa yang tuntas belajar adalah 22 (88%) siswa dan dari 25 siswa yang tidak tuntas belajar 3 (12%) siswa, sehingga hasil belajar tuntas secara klasikal. Dengan demikian, pelaksanaan pembelajaran untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKN materi menggunakan model pembelajaran Puzzle di kelas IV SD Tahfizh Qur‟an Karimah Berastagi Tahun Pelajaran 2023/2024 dapat meningkatkan hasil motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Motivation Results, Learning Media
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Wina Duwi Lara
Date Deposited: 19 Jun 2024 08:27
Last Modified: 19 Jun 2024 08:27
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1177

Actions (login required)

View Item View Item