ANALISIS MINAT BACA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 040455 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Gise Breli Br Ginting, . (2024) ANALISIS MINAT BACA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 040455 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (547kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (281kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (296kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (482kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (590kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (359kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (488kB)

Abstract

Gise Breli Br Ginting. NPM:2015010099. “Analisis Minat Baca Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 040455 Berastagi Tahun Pelajaran 2023/2024”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Quality Berastagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat baca siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 040455 Berastagi Tahun Pelajaran 2023/2023. Jenis penelitian yang pada penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Dikatakan deskriptif kuantitatif karena penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pengolahan data yang berupa angka. Dimana Penelitian kuantitaif merupakan metode yang menggunakan pengukuran dengan cara yang objektif terhadap fenomena atau kejadian sosial. Penelitian ini menggunakan sampel tertentu untuk diperoleh datanya melalui penggunaan instrumen penelitian serta beberapa komponen masalah, variabel, dan indikator. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Selain menggunakan instrumen berupa angket, peneliti juga menggunakan instrumen berupa wawancara. Instrumen wawancara ini ditujukan kepada guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Peneliti memilih guru mata pelajaran bahasa Indonesia karena dianggap sesuai dengan judul pada penelitian ini yang fokus membahas tentang minat membaca berbahasa Indonesia. Jadi, akan sangat sesuai jika wawancara ini ditujukan kepada guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Di dalam instrumen wawancara ini sudah ada pertanyaan-pertanyaan yang disediakan untuk guru mata pelajaran bahasa Indonesia dengan tujuan untuk memperoleh data-data tentang minat membaca siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa minat baca pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 040455 Berastagi dapat dikategorikan cukup baik karena hanya sedikit siswa yang tidak menyukai kegiatan membaca. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil angket yang telah dipaparkan sebelumnya dan faktor yang mempengaruhi kurangnya minat membaca siswa terhadap kegiatan membaca yakni karena munculnya rasa malas dari diri sendiri. Selain itu dorongan dan dukungan dari keluarga yang kurang juga dapat menghambat perkembangan minat membaca dari seorang siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Interest in Reading, Learning Indonesian
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Gise Berli Br Ginting
Date Deposited: 19 Jun 2024 07:58
Last Modified: 19 Jun 2024 07:58
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1176

Actions (login required)

View Item View Item