PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI 040447 KABANJAHE T.A 2023/2024

AMELIA NINA CORYNA BR PANJAITAN, . (2024) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI 040447 KABANJAHE T.A 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (530kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (191kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (413kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (371kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (841kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (195kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (846kB)

Abstract

Penelitian ini diangkat dari permasalahan yang terjadi di SD Negeri 040447 Kabanjahe dimana pembelajaran yang dilakukan monoton dan kurang adanya motivasi belajar di dalam diri siswa. Sehingga Pembelajaran tersebut kurang efektif dan siswa banyak yang masi belum menacapai Kriteria Ketuntasan Minimal(KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa dikelas V SD Negeri 040447 Kabanjahe T.P 2023/2024, mengetahui gambaran prestasi siswa di kelas V SD Negeri 040447 Kabanjahe T.P 2023/2024, dan untuk mengetahui Apakah ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar di kelas V SD Negeri 040447 Kabanjahe T.P 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 040447 Kabanjahe dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, test, observasi, dan studi dokumentasi. Dari hasil uji coba yang dilakukan pada penelitian ini, menunjukkan bahwa rata-rata variabel hasil belajar IPA (Y) adalah 80,36. Angka ini mengindikasikan bahwa secara umum, siswa-siswa kelas V SD Negeri 040447 Kabanjahe memiliki pencapaian yang baik dalam mata pelajaran IPA. Di sisi lain, untuk variabel motivasi belajar siswa (X), rata-rata adalah 94,43, menandakan bahwa mayoritas siswa kelas V SD Negeri 040447 Kabanjahe memiliki tingkat motivasi belajar yang tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Monopoly Game, Learning Media
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Amelia Nina Coryna Br Panjaitan
Date Deposited: 19 Jun 2024 02:22
Last Modified: 19 Jun 2024 02:22
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1173

Actions (login required)

View Item View Item