PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SPINNING WHEEL TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SISWA KELAS III SD NEGERI 040446 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2023/2024

Tarigan, Pepy Pebyola (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SPINNING WHEEL TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SISWA KELAS III SD NEGERI 040446 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
Sampul.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (700kB)
[img] Text
bab I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (699kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Pepy Pebyola Br Tarigan, NPM: 2015010135. Pengaruh Penggunaan Media Spinning Wheel Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Dan Pembagian Siswa Kelas III SD Negeri 040446 Kabanjahe. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Kemampuan berhitung perkalian dan pembagian pada pembelajaran konvesional dan pada pembelajaran menggunakan media spinning wheel siswa kelas III di SD Negeri 040446 Kabanjahe (2) Pengaruh media Spinning Wheel terhadap kemampuan berhitung perkalian dan pembagian siswa kelas III SD Negeri 040446 Kabanjahe. Metode peneltian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian two group. Sampel dalam penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu, kelas kontrol dan kelas eksperimen yang berjumlah 58 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pretest dan posttest. Teknik analisi data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian diperoleh bahwa, hasil kemampuan berhitung perkalian dan pembagia siswa pada kelas konvensional dengan rata-rata 46,66 dan kemampuan berhitung perkalian dan pembagian siswa dengan menggunakan media spinning wheel adalah dengan rata –rata 71,00. Hal ini membuktikan media spinning wheel memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berhitung perkalian dan pembagian siswa kelas III SD Negeri 040446 Kabanjahe. Kata Kunci: Media Spinning Wheel, Kemampuan Berhitung Perkalin dan Pembagian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Spinning Wheel Media, Multiplication and Division Calculation Ability.
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Pepy Pebyola Br Tarigan
Date Deposited: 15 Jun 2024 05:21
Last Modified: 15 Jun 2024 05:21
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1172

Actions (login required)

View Item View Item