ELSA NATALITA BR BANGUN, ELSA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD SWASTA LETJEN JAMIN GINTING BERASTAGI TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
sampul elsa.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
abstrak elsa.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (441kB) |
![]() |
Text
bab 1 elsa.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (350kB) |
![]() |
Text
bab 2 elsa.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (617kB) |
![]() |
Text
bab 3 4 5 elsa.pdf Restricted to Registered users only Download (720kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka elsa.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (300kB) |
![]() |
Text
lampiran elsa.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini dilakukan (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Ipas model think pair share di kelas IV Sd swasta Letjen Jamin Ginting Berastagi tahun ajaran 2023/2024 (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran think pair share pada mata prlajaran ipas di kelas IV Sd Swasta Letjen Jamin Ginting Berastagi tahun ajaran 2023/2024 (3) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara pembelajaran model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar siswa pada mata pembelajaran ipas kelas IV sd swasta letjen jamin ginting berastagi tahun ajaran 2023/2024. Masalah yang dialami di sekolah tersebut yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipas materi cerita tentang daerahku. Sampel siswa kelas IV sebanyak 2 kelas berjumlah 20 orang kelas eksperimen dan 20 orang kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasy Eksperimen dengan instrumen penelitian adalah teks peilihan berganda sebanyak 10 soal. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata tes akhir siswa diperoleh 86,5 di kelas eksperimen dan rata-rata pada kelas kontrol 65,5. Tabel frekuensi absolute dan frekuensi relatif kemudian dan digambarkan ke dalam bentuk histogram untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran think pair share (TPS) di kelas eksperimen dan kelas konvensional kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji t dimana diperoleh thitung > ttabel 2,172 > 2,024 dengan taraf signifikan 0,05 yang menyatakan terima H1 dan tolak Ho maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model think pair share (TPS) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ipas di kelas IV sd swasta letjen jamin ginting berastagi tahun ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning outcomes using science subjects demonstration |
Subjects: | 000 Generalities |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | Elsa Natalita Br Bangun |
Date Deposited: | 18 Jun 2024 05:57 |
Last Modified: | 18 Jun 2024 05:57 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1168 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |