NAIBAHO, YOSAFAT CLINTON (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI PADA MATA PELAJARAN PPKN TEMA PANCASILA DI KELAS IV SD NEGERI 040449 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
sampul.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (499kB) |
![]() |
Text
bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (417kB) |
![]() |
Text
bab II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (658kB) |
![]() |
Text
bab III-V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (284kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Yosafat ClintonNibaho. NPM: 2015010078 “Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Pada Mata Pelajaran PPKN Tema Pancasila Di Kelas IV SD Negeri 040449 Kabanjahe Tahun Ajaran 2023/2024”. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation pada Media Pembelajaran Monopoli pada pembelajaran PPKn tema Pancasila di kelas IV SD Negeri 040449 Kabanjahe. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi saat pembelajaran dikelas yaitu siswa cenderung suka bermain, pembelajaran berorientasi pada guru (teacher center), sehingga pembelajaran menjadi monoton dan membuat siswa merasa bosan dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan media pembelajaran Monopoli Di Kelas IV SD Negeri 040449 Kabanjahe. Materi Pancasila guna mengetahui cara mengembangkan media pembelajaran Monopoli, diuji kelayakan, dan kepraktisannya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran Monopoli telah memenuhi kriteria yaitu kelayakan dan kepraktisannya. Hasilnya adalah sebagai berikut (1) Media Pembelajaran Monopoli kelayakannya diuji oleh dua ahli yaitu ahli media dan ahli materi. Hasil validasi ahli media sebesar 98% dan validasi ahli materi memperoleh hasil 95%. Berdasarkan persentase maka Media Pembelajaran Monopoli dinyatakan sangat layak untuk digunakan. (2) Hasil uji coba produk Media Pembelajaran Monopoli oleh siswa mendapat respon positif 25 dari 28 siswa dengan perolehan skor keseluruhan 72%. Berdasarkan hasil dari persentase lembar instrumen respon siswa diperoleh jumlah total keseluruhan yaitu 112 dari 200 dengan kategori “Praktis”. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan kepraktisan dari respon siswa, sehingga Media Pembelajaran Monopoli dikategorikan sangat layak dan praktis untuk digunakan. Kata Kunci: Pengembangan, Monopoli, Pancasila
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Development, Monopoly, Pancasila |
Subjects: | 000 Generalities |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | Yosafat Clinton Naibaho |
Date Deposited: | 15 Jun 2024 05:15 |
Last Modified: | 15 Jun 2024 05:15 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1164 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |