Sempurna Br Tarigan, . (2021) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 5 SUBTEMA 1 EKOSISTEM KELAS V SD NEGERI 040483 PAYUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
SAMPUL .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (220kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (188kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (800kB) |
![]() |
Text
BAB III - BAB V .pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (811kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (155kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (12MB) |
Abstract
Sempurna Br Tarigan, npm 1715010052 : “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPA Tema 5 Subtema 1 Ekosistem Kelas V SD Negeri 040483 Payung Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis Penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw Tema 5 Subtema 1. Penelitian ini bertujuan untuk pelaksanaan pembelajaran,ketuntasan belajar, serta peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran jigsaw Tema 5 Subtema 1 Ekositem di Kelas V SD Negeri 040483 Payung Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040483 Payung. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 040483 Payung yang berjumlah 25 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Jigsaw Tema 5 Subtema 1 Ekosistem di Kelas V SD Negeri 040483 Payung Tahun Pembelajaran 2020/2021. Pengumpulan data yang digunakan adalah lember observasi guru, aktivitas siswa dan tes pilihan berganda sebanyak 5 soal. Teknik analisasi data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru dan siswa, dan hasil belajar yang terdiri dari ketuntasan belajara individu, ketuntasan klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Hasil akhir dari penelitian ini di peroleh deskripsi kegiatan observasi guru dan siswa berkriteria baik karena deskripsi kegiatan guru mencapai 79.2 %, sedangkan deskripsi kegiatan observasi siswa mencapai 84 serta yang tuntas secara individu 22, secara klasiskal 885% dan rata-rata 86.4. Dengan demikian hasil analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model pemnelajaran jigsaw dapat ,meningkatkan hasisl belajar siswa Tema 5 Subtema 1 Ekosiostem kelas V SD Negeri 040483 Payung Tahun Pelajaran 2020/2021
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning, Learning Outcomes, Jigsaw Learning Model. |
Subjects: | 300 Social Science 300 Social Science > 307 Communities 300 Social Science > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | Sempurna Br Tarigan |
Date Deposited: | 19 Jul 2021 07:57 |
Last Modified: | 19 Jul 2021 07:57 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/116 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |