PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SD SWASTA LETJEN JAMIN GINTING’ S BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Misell Kornelika Br Surbakti, Misell (2024) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SD SWASTA LETJEN JAMIN GINTING’ S BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
Sampul mishel.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (722kB)
[img] Text
Abstrak mishel .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (194kB)
[img] Text
bab 1 mishel.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (287kB)
[img] Text
bab 2 mishel.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (543kB)
[img] Text
Bab 3 4 5 mishel.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (663kB)
[img] Text
Daftar pustaka mishel.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (123kB)
[img] Text
Lampiran mishel.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan (1); untuk mengetahui gambaran lingkungan sekolah SD Swasta Letjen Jamin Ginting’s Berastagi Tahun Pelajaran 2023/2024 (2); untuk mengetahui gambaran hasil belajar pada mata pelajaran PKN siswa kelas Kelas IV di SD Swasta Letjen Jamin Ginting’s Berastagi Tahun Pelajaran 2023/2024 (3); untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah dengan hasil belajar PKN siswa Kelas IV SD Swasta Letjen Jamin Ginting’s Berastagi Tahun Pelajaran 2023/2024. Masalah yang dialami di sekolah tersebut yaitu hasil belajar PKN kurang memuaskan. Sampel siswa kelas IV sebanyak 2 kelas berjumlah 20 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan instrument penelitian tes pilihan berganda sebanyak 10 soal. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata tes akhir siswa diperoleh 84,5 di kelas eksperimen dan rata-rata pada kelas control 70,5. Tabel frekuensi nilai terakhir pada kelas eksperimen dan kelas control di distribusikan dalam tabel frekuensi absolute dan frekuensi relatif kemudian di gambarkan ke dalam bentuk histogram untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil uji t dimana diperoleh t hitung >t tabel 3,949 > 2,024 dengan taraf signifikan 0,05 yang menyatakan terima Ha dan di tolak Ho maka dapat disimpulkan bahwa ada nya pengaruh signifikan Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKN di kelas IV SD Swasta Letjen Jamin Ginting’s Berastagi Tahun Pelajaran 2023/2024. Kata Kunci: Pengaruh Lingkungan Sekolah, Hasil Belajar PKN

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes Using Science Subjects Demonstration
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Misell Kornelika Br Surbakti
Date Deposited: 18 Jun 2024 05:56
Last Modified: 18 Jun 2024 05:56
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1155

Actions (login required)

View Item View Item