Elma Irenita Br Bukit, . (2024) ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 040538 SAMPUN TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (693kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (487kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (226kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (520kB) |
![]() |
Text
BAB III - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (880kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (428kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Elma Irenita Br Bukit, NPM. 2015010101 Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan Universitas Quality: “Analisis Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa Dengan Menggunakan Media Teka-teki Silang Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 040538 Sampun Tahun Ajaran 2023/2024”. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, mengetahui kemampuan literasi siswa, dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi siswa dengan menggunakan Media Teka-Teki Silang (TTS) pada mata pelajaran IPA materi Wujud Zat dan Perubahannya di kelas IV SD Negeri 040538 Sampun tahun Ajaran 2023/2024. Lokasi penelitian ini adalah di kelas IV SD Negeri 040538 Sampun yang berjumlah 29 orang siswa, dan sebagai objek penelitian ini adalah menggunakan Media Teka-Teki Silang pada mata pelajaran IPA dengan materi Wujud Zat dan Perubahannya. Jenis dari penelitian ini adalah Penelitian survei dengan metode penelitian kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes pre-test dan post-test, angket dan wawancara. Dari hasil penelitian tes pre-test atau sebelum menggunakan Media Teka-Teki Silang diperoleh bahwa, hasil pelaksanaan pembelajaran siswa dengan nilai rata-rata siswa 40,34. Berdasarkan tes post-test atau setelah menggunakan Media Teka-Teki Silang diperoleh bahwa hasil pelaksanaan pembelajaran siswa dengan nilai rata-rata siswa 89,65. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti maka dapat disimpulkan bahwa, pelaksanaan pembelajaran dan kemampuan literasi siswa setelah menggunakan media Teka-Teki Silang berada di kategori sangat baik, serta kemampuan literasi siswa meningkat setelah menggunakan Media Teka-Teki Silang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Student Literacy Ability, Crossword Puzzle Media and Learning |
Subjects: | 000 Generalities |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | Elma Irenita Br Bukit |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 09:04 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 09:04 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1154 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |