EMILA SARI BR MILALA, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA PADA MATA PELAJARAN IPS TEMA 7 SUBTEMA 2 “INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU” DI KELAS IV SD NEGERI 040443 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (717kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (318kB) |
![]() |
Text
BAB I .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (340kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (521kB) |
![]() |
Text
BAB III - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (844kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (149kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (876kB) |
Abstract
EMILA SARI BR MILALA. NPM: 2015010093. “Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Pada Mata Pelajaran IPS Tema 7 Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Di Kelas IV SD Negeri 040443 Kabanjahe Tahun Ajaran 2023/2024”. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation pada Media Pembelajaran Ular Tema 7 Subtema 2 Indanya Keragaman Budaya Negeriku di Kelas IV SD Negeri 040443 Kabanjahe. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi saat pembelajaran dikelas yaitu siswa cenderung suka bermain, pembelajaran berorientasi pada guru (teacher center), sehingga pembelajaran menjadi monoton dan membuat siswa merasa bosan dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan media pembelajaran ular tangga Di Kelas IV SD Negeri 040443 Kabanjahe Materi Indanya Keragaman Budaya Negeriku guna mengetahui cara mengembangkan media pembelajaran ular tangga, diuji kelayakan, dan kepraktisannya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran ular tangga telah memenuhi kriteria yaitu kelayakan dan kepraktisannya. Hasilnya adalah sebagai berikut (1) Media Pembelajaran Ular tangga kelayakannya diuji oleh dua ahli yaitu ahli media dan ahli materi. Hasil validasi ahli media sebesar 97% dan validasi ahli materi memperoleh hasil 95%. Berdasarkan persentase maka Media Pembelajaran Ular Tangga dinyatakan sangat layak untuk digunakan. (2) Hasil uji coba produk Media Pembelajaran Ular Tangga oleh siswa mendapat respon positif 32 dari 35 siswa dengan perolehan skor keseluruhan 88%. Berdasarkan hasil dari persentase lembar instrumen respon siswa diperoleh jumlah total keseluruhan yaitu 333 dari 490 dengan kategori “Praktis”. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan kepraktisan dari respon siswa, sehingga Media Pembelajaran Ular Tangga dikategorikan sangat layak dan praktis untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Development, Snakes and Ladders, Cultural Diversity of My Country |
Subjects: | 000 Generalities |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | Emila Sari Br Milala |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 07:31 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 07:31 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1142 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |