PENGARUH PENGGUNAAN METODE ESKPERIMEN TERHADAP LITERASI SAINS SISWA PADA MATA PELAJARAAN IPA KELAS V SD NEGERI PARTIBI TEMBE

Nita Juniati Sitanggang, . (2024) PENGARUH PENGGUNAAN METODE ESKPERIMEN TERHADAP LITERASI SAINS SISWA PADA MATA PELAJARAAN IPA KELAS V SD NEGERI PARTIBI TEMBE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (639kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (191kB)
[img] Text
BAB I .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (315kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (370kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (700kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (194kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Juniati, Nita. 2024. Pengaruh Menggunanakan Metode Eksperimen Terhadap Literasi Sains Siswa Pada Mata Pelajaraan IPA Kelas V DI SD Negeri Partibi Tembe. Skripsi. Program Studi PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Quality Berastagi. Dosen Pembimbing: (I) Indah SimamoraS.Pd.,M.Si., (II) Ratna Wahyuni S.Pd., M.Si. Pendidikan adalah langkah awal untuk menyiapkan peserta didik yang berkualitas melalui proses pembelajaran. Guru sangat berperan penting dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan Pendidikan. Namun, sering kali ditemukan bahwa siswa dan guru tidak berhasil mencapai tujuan pembelajaran yang disebabkan kurangnya variasi metode pembelajaran yang dilakukan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah ntuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap literasi sains siswa pada mata pelajaran ipa di kelas V sd negeri partibi tembe dengan materi panas dan perpindahannya. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan mengunakan desain korelasional. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Pertibi Tembe dan yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas V sedangkan Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V-A dan seluruh siswa kelas V-B yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Teknik Korelasi Pearson Produk Moment. Hasil penelitian menujukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan menggunakan metode eksperimen terhadap literasi sains siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di SD Negeri Partibi Tembe Kec.Merek Kab.Karo Tahun Pelajaraan 2023/2024 dimana nilai dari sig. (2-tailed) adalah 0.000 < 0,05 dan nilai thitung 4.877 >ttabel 1.683.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Experimental Method, Scientific Literacy, Learning Outcomes
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Nita Juniati Sitanggang
Date Deposited: 04 Jun 2024 06:37
Last Modified: 04 Jun 2024 06:37
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1112

Actions (login required)

View Item View Item