PENGGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 047159 KETAREN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

TRI YANI BR TARIGAN, . (2021) PENGGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 047159 KETAREN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (167kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (178kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (233kB)
[img] Text
BAB III - BAB V .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (556kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (226kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

TRI YANI BR TARIGAN. NPM: 1715010073. “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 047159 Ketaren Tahun Pelajaran 2020/2021”. Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Quality Berastagi. P enelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan gadget kelas V SD Negeri 047159 Ketaren, gambaran hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 047159 Ketaren, dan pengaruh signifikan penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 047159 Ketaren. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 047159 Ketaren sebanyak 30 orang dan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel total sehingga sampel pada penelitian berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui gambaran pengunaan gadget menggunakan angket atau kuesioner. Sedangkan untuk data hasil belajar diambil dari rata-rata nilai raport siswa kelas V semester ganjil. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis, uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran penggunaan gadget kelas V SD Negeri 047159 Ketaren dalam kategori baik dengan total nilai angket 970 dengan rata-rata 80. Gambaran hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 047159 Ketaren dalam kategori baik dengan total nilai keseluruhan 2427 dan rata-rata akhirnya 80.9. Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 047159 Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan nilai thitung 27.92 lebih besar dari nilai ttabel 2.052 dan nilai signifikansinya sebesar 0.195.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Use of Gadgets, Student Learning Outcomes
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 305 Social Groups
300 Social Science > 306 Culture and Institutions
300 Social Science > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Try Yani Br Tarigan
Date Deposited: 19 Jul 2021 03:47
Last Modified: 19 Jul 2021 03:47
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/111

Actions (login required)

View Item View Item