PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI PECAHAN KELAS III SD NEGERI 040459 BERASTAGI T.A 2023/2024

Desty Jayanti Br Ginting, . (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI PECAHAN KELAS III SD NEGERI 040459 BERASTAGI T.A 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (563kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (301kB)
[img] Text
BAB I .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (522kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (595kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (770kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (202kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

DESTY JAYANTI BR GINTING, NPM: 2015010090. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Pecahan Kelas III SD Negeri 040459 Berastagi.” Hasil belajar siswa yang rendah disebabkan melalui dua faktor yaitu faktor eksternal dan internal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar matematika Siswa Materi Pecahan Kelas III SD Negeri 040459 Berastagi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan melibatkan pre-test dan post-test. Sampel dalam penelitian ini adalah 58 siswa yang terdiri dari kelas III-A sebanyak 29 siswa dan kelas III-B sebanyak 29 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika materi pecahan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen Pre-test sebesar 53,10% dan setelah belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) nilai siswa menjadi meningkat dalam hasil menjawab soal Post-test menjadi 87,86%. Sedangkan dalam kelas kontrol saat melakukan uji tes Pre-test hasil persentase yang didapat siswa sebesar 59,83% dan setelah diadakanya pembelajaran konvensional maka nilai siswa meningkat saat menjawab soal Post-test menjadi 78,52%. Hal ini membuktikan bahwa ada perbedaan hasil belajar kelas eksperimen lebih unggul dari kelas kontrol. nilai signifikansi (2-tailed) post-test 0,000<0,05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, Ha= terdapat pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap hasil Belajar Matematika Siswa Materi Pecahan Kelas III SD Negeri 040459 Berastagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning Model, Fraction Learning Results, Mathematics
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Desty Jayanti Br Ginting
Date Deposited: 04 Jun 2024 03:48
Last Modified: 04 Jun 2024 03:48
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1109

Actions (login required)

View Item View Item