MELISA ZILLA, MELISA ZILLA (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPPING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 1 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP DI KELAS III SD NEGERI 040537 RAWANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
1. SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (524kB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (34kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (107kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (483kB) |
![]() |
Text
5. BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (641kB) |
![]() |
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (33kB) |
![]() |
Text
7. LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK MELISA ZILLA, NPM: 1915010062, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Tematik Tema 1 Pokok Bahasan Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas III SD Negeri 040537 Rawang Tahun Ajaran 2022/2023. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada Pembelajaran Tematik Tema 1 Pokok Bahasan Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas III SD Negeri 040537 Rawang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa secara individu, klasikal, serta nilai rata-rata siswa. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 040537 Rawang yang berjumlah 26 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan Metode Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Pembelajaran Tematik Tema 1 Pokok Bahasan Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup. Dari hasil penelitian diperoleh peningkatan hasil observasi aktivitas guru yaitu 76,6% dan aktivitas siswa yaitu 80, termasuk dalam kriteria baik. Dari 26 orang siswa terdapat 23 orang yang tuntas belajar dan 3 orang siswa yang tidak tuntas belajar, dengan demikian secara klasikal terdapat 88,46% yang tuntas belajar, dan nilai rata-rata siswa meningkat yaitu 87. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan dua siklus, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Pembelajaran Tematik Tema 1 Pokok Bahasan Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas III SD Negeri 040537 Rawang Tahun Ajaran 2022/2023. Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar, Metode Mind Mapping
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes Using Science Subjects Demonstration |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | MELISA ZILLA - |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 02:23 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 02:23 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1060 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |