Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Make A Match Pada Pembelajaran PPKN Tema 7 Subtema 1 di Kelas IV SD Negeri 040469 Surbakti Tahun Ajaran 2022/2023

Dianra Soares Br Ginting, . (2023) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Make A Match Pada Pembelajaran PPKN Tema 7 Subtema 1 di Kelas IV SD Negeri 040469 Surbakti Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (498kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (289kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (302kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (621kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (900kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (197kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (605kB)

Abstract

Dianra Soares Br Ginting, NPM 1915010148 “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Make A Match Pada Pembelajaran PPKN Tema 7 Subtema 1 di Kelas IV SD Negeri 040469 Surbakti Tahun Ajaran 2022/2023”. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Make A Match pada mata pelajaran PPKN Tema 7 Subtema 1 pokok bahasan Keberagaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku di kelas IV SD Negeri 040469 Surbakti Tahun Ajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 040469 yang berjumlah 32 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model Make A Match pada mata pelajaran PPKN Tema 7 Subtema 1. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan soal tes bentuk pilihan berganda sebanyak 10 soal. Berdasarkan hasil pelaksanaan pembelajaran pada siklus I diperoleh hasil observasi aktivitas guru 60% atau berkategori cukup, hasil observasi aktivitas siswa 66 atau berkategori cukup, hasil belajar individu dari 32 siswa yang tuntas 22 orang dan yang tidak tuntas 10 orang, secara klasikal 68,75% siswa yang tuntas dan 31,25% yang tidak tuntas, maka diperoleh rata-rata siklus ini adalah 69 atau belum memenuhi KKM. Sementara pada siklus II diperoleh hasil pelaksanaan aktivitas guru 77% atau berkategori baik, hasil pelaksanaan aktivitas siswa 84 berkategori baik, hasil belajar individu dari 32 siswa yang tuntas 28 orang dan yang tidak tuntas 4 orang, secara klasikal 87,5% yang tuntas dan 12,5% yang tidak tuntas, maka diperoleh rata-rata pada siklus ini 76,56 atau berkategori baik sehingga hasil belajar tuntas secara klasikal dan telah memenuhi KKM yang telah ditentukan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar meningkat dengan menggunakan model Make A Match pada mata pelajaran PPKN Tema 7 Subtema 1 pokok bahasan Keberagaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku di kelas IV SD Negeri 040469 Surbakti Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Implementation, Learning Outcomes, Make A Match Model
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: DIANRA SOARES BR GINTING
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:14
Last Modified: 18 Jul 2023 03:14
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1058

Actions (login required)

View Item View Item