JESINTA DEONIA BR SEMBIRING, . (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 1 SUBTEMA 2 POKOK BAHASAN INDRA PENDENGAR DI SD NEGERI 040489 TANJUNG MERAWA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (467kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (290kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (409kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (587kB) |
![]() |
Text
BAB III - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (818kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (191kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (650kB) |
Abstract
JESINTA DEONIA BR SEMBIRING,NPM: 1915010076 “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 1 SUBTEMA 2 POKOK BAHASAN INDRA PENDENGAR DI KELAS IV SD NEGERI 040489 TANJUNG MERAWA TAHUN PELAJARAN 2022/2023”. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kooperatif Tipe Make A Match Tema 1 Subtema 2. Penelitian ini bertujuan untuk pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan belajar, serta peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Tema 1 Subtema 2 Indra Pendengar di SD Negeri 040489 Tanjung Merawa tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini di laksannakan di SD Negeri 040489 Tanjung Merawa. Subjek penelitian ini adal siswa kelas IV SD Negeri 040489 yang berjumlah 27 orang siswa. Objek penelitan ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif Tipe Make A Match Tema 1 Subtema 2 Indra Pendengar di SD Negeri 040489 Tanjung Merawa Tahun Pelajaran 2022/2023. Pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan tes essay sebanyak 5 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru dan siswa, dan hasil belajar yang terdiri dari ketuntasan individu, ketuntasan klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Hasil kagiatan aktivitas guru dan juga siswa di siklus I, untuk aktivitas guru pasa siklus I mencapai presentase 60,9% (Cukup), sedangkan pada siklus II aktivitas guru mencapai presentase 80% (Baik). Aktivitas siswa pada siklus I mencapai nilai 68 (cukup), sedangkan pada siklus II mencapai nilai 82 (baik), hasil ketuntasan individual, ketuntasan secara klasikal, dan nilai rata-rata pada siklus I dan siklus II, untuk hasil ketuntasan individual di siklus I 15, sedangkan ketuntasan individual siklus II 23, untuk hasil ketuntasan secara klasikal pada siklus I mencapai 55%,sedangkan ketuntasan secara klasikal pda siklus II mencapai 85%, untuk hasil rata-rata ada siklus I mencapai 66,6,sedangkan pada siklus II mencapai 88,8. Dengan demikian hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan pengggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa Tema 1 Subtema 2 Indra Pendengar di SD Negeri 040489 Tanjung Merawa Tahun Pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning, Learning Outcomes, Cooperative Learning Model Make A Match Type |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | JESINTA DEONIA BR SEMBIRING |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 08:28 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 08:28 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1049 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |