Tita Novalina Br Tarigan, . (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Talking Stick Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Tema 1 Sub Tema 2 Dengan Topik Manfaat Energi Di SD Negeri 044834 Rimokayu Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (674kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (393kB) |
![]() |
Text
BAB I .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (417kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (525kB) |
![]() |
Text
BAB III - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (949kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (409kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (823kB) |
Abstract
Tita Novalina Br Tarigan, NPM : 1915010073 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Talking Stick Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Tema 1 Sub Tema 2 Dengan Topik Manfaat Energi Di SD Negeri 044834 Rimokayu Tahun Ajaran 2022/2023”. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan Model Taling Stick pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan : untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar, dan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan model talking stick pada mata pelajaran IPA kelas IV tema 1 subtema 2 dengan topik manfaat energi di SD Negeri 044834 Rimokayu Tahun Ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 044834 Rimokayu Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 26 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model talking stick dalam pembelajaran IPA tema 1 subtema 2 dengan topik manfaat energi di kelas IV SD Negeri 044834 Rimokayu. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Berdasarkan hasil pembelajaran Siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru 59,8% dengan kategori cukup dan pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa mendapat nilai 68 dengan kategori cukup, ketuntasan belajar siswa secara individu yaitu 15 siswa, sedangakan ketuntasan belajar secara klasikal diproleh 58% dan nilai rata – rata sebesar 66,15. Hasil belajar Siklus II dengan perbaikan pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru diperoleh 79,5% dengan kategori baik dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa diperoleh 84 dengan kategori baik, ketuntasan belajar siswa secara individu yaitu 23 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal adalah 88% dan nilai rata – rata sebesar 87,69. Bedasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model talking stick pada mata pelajaran IPA kelas IV tema 1 subtema 2 dengan topik manfaat energi di SD Negeri 044834 Rimokayu Tahun Ajaran 2022/2023 dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning, Learning Outcomes, Talking Stick Model |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | TITA NOVALINA BR TARIGAN |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 03:20 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 03:20 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1018 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |