STRATEGI PEMASARAN DALAM PENJULAN PUPUK PESTISIDA PADA PT. BAYER INDONESIA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Perkembangan usaha obat-obatan pertanian semakin meningkat menyebabkan persaingan bisnis antar perusahaan. Di dalam perusahaan, peranan strategi pemasaran sangat penting dikarenakan mampu meningkatkan profit perekonomian perusahaan serta sebagai penghubung antara distributor dan konsumen. Perusahaan harus mengetahui karakter, konsumen dan keinginannya, sedangkan konsumen sendiri bisa mengetahui kualitas dan manfaat barang yang mau dibeli sehingga konsumen lebih yakin dan minat untuk membeli produk yang ada di perusahaan.Tujuan penelitian dari adalah untuk menganalisa strategi pemasaran yang dilakukan oleh pihak perusahaan dalam upaya meningkatkan penjualan dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi perusahaan dalam melakukan kegiatan pemasaran. Metode pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder, analisa data menggunakan analis matriks IFAS, matriks EFAS dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang digunakan untuk meningkatkan penjualan dengan melakukan media promosi dengan efektif, Membangun loyalitas pelanggan perusahaan, Memperhatikan kualitas produk yang unggul, dan Memperluas jangkauan pemasaran perusahaan. Berdasarkan kendala yang dihadapi perusahaan adalah Belum bisa menjual produk lebih luas kepada konsumen, Keterlambatan produsen dalam pengiriman produk distributor, Pendapatan perusahaan menurun dimasa pascapanen, dan Kenaikan harga produk dari produsen