PENGARUH MOTIVASI TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAK) : PENDEKATAN THEORY OF REASON ACTION (TRA) DAN MODEL KEBUTUHAN ABRAHAM MASLOW DI KABUPATEN KARO
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah sikap, norma, motivasi karir, motivasi ekonomi, dan motivasi gelar secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap mengikuti pendidikan PPAK pendekatan theory of reason action dan Model Kebutuhan Abraham Maslow. Sampel pada penelitian ini mahasiswa akuntansi Universitas Quality Berastagi dan Institut Teknologi dan Bisnis Indonesia Kabanjahe sebanyak 54 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dimana penelitian kuantitatif adalah suatu metode penelitian yang berdasarkan pada filsafat positivisme, sebagai metode ilmiah atau scientific karena telah memenuhi kaidah ilmiah secara konkrit atau empiris, objektif, terukur, rasional, serta, sistematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel sikap, norma, motivasi karir, motivasi ekonomi, dan motivasi gelar berpengaruh secara signifikan dan simultan terhadap mengikuti pendidikan PPAK dimana nilai dari koefisien determinasi (R2) sebesar 81.6% sisanya 18.4% dapat dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang
tidak diteliti dalam penelitian ini.