PENGARUH MEDIA TTS TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS IV SD NEGERI 040451 KABANJAHE
Main Article Content
Abstract
Pendidikan dapat terlaksana dengan baik oleh beberapa komponen yakni kurikulum, guru, sekolah, fasilitas dan peserta didik. Tiap komponen memiliki tugas masing-masing. Jika satu atau lebih komponen melemah dalam tugas dan perannya, maka akan mempengaruhi proses belajar mengajar di sekolah. Kurikulum dalam sistem pendidikan, perlu disesuaikan anata standar kopetensi (profil lulusan) dengan capaian pembelajaran yang diharapkan dari suatu program studi. Dalam sistem pendidikan persekolahan, materi telah dirancang dalam kurikulum yang disajikan sebagai sarana pencapaian tujuan. Materi ini salah satunya meliputi materi inti maupun muatan lokal. Materi inti bersifat nasional yang mengundang misi pengadilan dan persatuan bangsa. Standar pendidikan nasional ( undang-undang No 20 Tahun 2003) terdiri dari standar kopetensi lulusan, standar isi pembelajaran, standar proses pembelajaran. Guru atau pendidik ialah orang yang bertanggug jawab terhadap pelaksanaan proses pendidikan dengan sasaran peserta didik. Pendidik harus memiliki kewibawaan ( kekuasaan batin mendidik) dan menghindari penggunaan kekuasaan. Kewibawaan dimiliki oleh mereka yang sudah dewasa. Yang dimaksud adalah kedewasaan rohani yang ditopang oleh jasmani. Kedewasaan jasmani tercapai apabila perkembangan jasmani yang optimal.